Kamis, 27 Oktober 2011

Pilihan Kegiatan Mengisi Waktu Liburan

what’s your hobby?
bingung memilih apa yang harus dilakukan untuk mengisi waktu liburan?ada berbagai pilihan kegiatan yang dapat diikuti oleh anda semua, baik perorangan maupun sekeluarga. namun namanya liburan..enaknay pasti ramean kan..maka siap-siapa saja untuk bergabung dengan aneka komunitas yang biasanay dikelompokkan berdasarkan hobi untuk mengisi waktu liburan anda. mulai dari hobi yang ringan hingga hobi yang memacu adrenalin…
semua…lengkap..komplit..ada komunitasnya ko…

1. komunitas sepeda onthel
meski kadang terlihat usang reyot, sepeda onthel atau sering disebut sepeda unta adalah artefak masa silam yang masih menghiasi jalanan di sejumlah kota diindonesia. kelangsungannya terletak di tangan mereka yang setia menyanjung nilai historisnya. komunitas sepeda onthel adalah wadah bagi para “onthelis:\” untuk melakukan tur bersama dan berbagi informasi. di sinilah para pengemar onthel mendapatkan referensi cara merawat sepeda dan lokasi penjualan onderdilnya.
www.sepedaonthel.com
2. wiken tanpa ke mall
inilah musuh besar para pengusaha mall. agenda utama komunitas ini adalah menawarkan alternatif kegiatan edukatif dan menyenangkan bagi para keluarga guna menghabiskan waktu di akhir pekan. bagi para anggotanya, hari libur tidak sepatutnya dihabiskan untuk melakukan hal-hal yang bersifat konsumtif. sejumlah acara yang pernah digelar mereka adalah wisata ke kebun wisata ragunan, kebun raya ragunan bogor dan museum seni rupa dan keramik. jika sedang malas bepergian, komunitas ini menggelar piknik di halaman rumah. www.wikentanpakemall.multiply.com
3.IndoNikon
saat didirikan pada Desemebr 2000 oleh fajar isnanto dan Donny Handito, komunitas ini hanya mewadahi para fotografer yang menggunakan kamera nikon. seiiring waktu, anggotanya melebar dan mencakup juga mereka yang menggunakan merek lain, termasuk kamera kuno dan kamera telepon genggam. milis IndoNikon kini menampung lebih dari 2.000 anggota, mulai dari pelajar umur 16 tahun hingga fotografer berusia lanjut. sebagai komunitas yang cair, keanggotannya bersifat terbuka, siapa saja boleh bergabung asalkan memiliki niat untuk mendalami fotografi.
www.tech.groups.yahoo.com/group/IndoNikon
4. Le Gong Kite Society
layang-layang memang lebih asyik dimaiknkan beramai-ramai. le gong kite society siap menampung hobi anda. wadah ini didirikan oleh sari madjid dan lukito pada 12 April, 22 tahun silam, dan kini telah memiliki lebih dari 100 anggota. selain memenuhi langit dengan kertas aneka warna, mereka juga kerap menggelar lokakarya merakit layang-layang bagi anak-anak, pameran layang-layang dan festival layang-layang di berbagai daerah, mulai dari Balikpapapn hingga lombok.
5. historia Indonesia
prihatin pada minimnya minat remaja indonesia mempelajari sejarah dan budaya negerinya, Asep Kambali dan teman-temannya di jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Jakarta mendirikan Historia Indonesia. Berbagai program menarik mereka luncurkan, di antaranya napak tilas dan amazing race ke beberapa museum dan situs bersejarah.
www.komunitashistoria.org
6.Backpacker Dunia
didirikan tiga tahun silam oleh elok dyah messwati, pengarang buku backpacing hemat ke australia, backpacker dunia adalah wadah bagi orang-orang yang memiliki hasrat melancong ke laur negeri dengan cara backpacking. komunitas ini rajin menggelar diskusi yang membahas banyak destinasi wisata di dunia, termasuk tips mencari restoran dan penginapan berharga terjangkau.
www.backpackerdunia.multiply.com
7. Parour Jakarta
meski terlihat ekstrem, parkour sejatinya merupakan kegiatan yang melatih fisik dan mengembangkan mental. modal untuk melakoninya terbilang simpel, yakni sepatu, pakaian, dan nyali. parkour jakarta terbuka bagi siapa saja. taman kridaloka, senayan adalah salah satu lokasi latihan mereka. tiap tahunnya, komunitas bini mengadakan acara jamming nasional yang mendatangkan atlet-atlet dari dalam dan luar negeri.
www.parkourjakarta.posterous.com
8. Highcamp
stamina yang prima adalah syarat utama untuk bergabung di highcamp. menaklukan pegunungan, sungai dan gua adalah agenda rutin mereka, selain kegiatan sosial membantu penanganan bencana alam sebagai sukarelawan. highcamp juga memiliki sekolah gunung yang memepelajari serta membagi tips dan teknik seputar pendakian. saat ini mereka tengah menggalakkan program weekend goes to mountaion di mana para anggiota akan menjajal gunung-gunung berketinggian 2.000 meter tiap akhir pekan
www.highcamp.info
9. Masyarakat Komik Indonesia
organisasi ini didirikan pada 15 maret 1997 sebagai tindak lanjut dari perhelatan pekan komik dan animasi nasional (PKAN) di galeri nasional, anggotanya adalah komikus dan orang-orang yang mencintai komik indonesia. sekretaris jenderal MKI widiono susanto mengatakan komunitasnya juga bertujuan mengumpulkan komikus dari 33 provinsi untuk mengomikkan keindahan alam dan budaya indonesia.
www.masyarakatkomik.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar